7 Tips Gizi Pranikah untuk Wanita

Bismillah….
Menikah merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh seorang manusia. Baik perempuan maupun laki-laki. Berbagai pernak-pernik dalam menyiapkan hari pernikahan pun disiapkan. Salah satunya adalah pemenuhan kesiapan fisik.

Bukan sekedar ingin tampil sempurna dan fit, ternyata dibutuhkan pula kesiapan gizi untuk calon mempelainya… Bagi yang sedang menyiapkan diri, silahkan dibaca dan dikaji… Tujuh tips gizi pranikah untuk wanita :

1. Penuhi Asupan Vitamin E untuk Perempuan
Vitamin E pada wanita mampu menjaga hormon endokrin yang berhubungan dengan proses pematangan dan proses pembuahan sel telur (embrio). Kekurangan vitamin E pada wanita dapat mengakibatkan menurunnya kesuburan loh…  Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa pematangan sel telur dapat terhambat akibat adanya stress oksidatif pada perempuan yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab seperti pencemaran lingkungan, makanan yang buruk, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan pematangan sel telur akan terhambat karena stress oksidatif, pada akhirnya wanita mudah keguguran saat atau sebelum proses pembuahan berlangsung Oleh karenanya para calon mempelai wanita hendaknya memperhatikan kembali asupan vitamin Enya….

Salah satu sumber vitamin E yang populer adalah kecambah (tauge). Menurut beberapa penelitian, kecambah yang berasal dari biji kacang hijau (tauge) memiliki kandungan vitamin E yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan vitamin yang ada pada kacang hijau. Bahan pangan seperti minyak nabati (minyak kelapa sawit, minyak kelapa, minyak bunga matahari) kacang-kacangan dan biji-bijian   serta sayuran (asparagus, bayam). Namun, sayuran mengandung vitamin E yang lebih sedikit dibandingkan minyak nabati, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Hindari Berat Badan tidak Ideal
Bagi yang sedang menyiapkan diri, ceklah status gizi Anda melalui berat badannya… Apakah Anda tergolong kurus, gemuk atau normal dan ideal ? Kegemukan cenderung menurunkan kesuburan (fertilitas) baik wanita maupun pria loh…

3. Jangan Membiasakan Bergadang dan Jalankan Pola Hidup Sehat 

Tubuh fit dan bugar merupakan idaman semua calon manten. Janganlah membiasakan bergadang agar metabolisme & regulasi tubuh dapat berjalan dengan baik. Pola hidup yang sehat akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik, insya allah…

4. Penuhi Kebutuhan Zat Besi dan Zink 
Zat besi penting untuk pembentukkan haemoglobin. Perempuan disarankan untuk menjaga asupan zat besi agar terhindar dari anaemia. Asupan zink berhubungan dengan ovum yang lebih sehat dan sangat dibutuhkan untuk proses metabolik lainnya. Disarankan mengonsumsi 12 mg/hari. Zat besi dan zink dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi saat kehamilan dan dapat berakibat fatal jika terjadi kekurangan di dalam tubuh. Pangan sumber zat besi terdapat pada bayam, brokoli, daging, ikan dan telur. Bahan makanan sumber zink adalah daging ayam, daging dan produk turunannya (telur, susu, dan keju).

5. Konsumsilah Protein dengan Benar
Saat hamil dan sebelum hamil, seorang calon ibu haruslah tercukupi kebutuhan proteinnya. Ibu hamil memerlukan protein untuk pembentukan sel-sel tubuh janin. Hati-hati, cara pengolahan protein yang tidak tepat dapat merusak kandungannya.. Info lengkapnya disini

6. Konsumsi Makanan Sumber Asam Folat
Asam folat berfungsi untuk membentuk materi genetik di dalam sel tubuh dan juga pembentukan sel darah merah. Pemenuhan konsumsi asam folat mendukung calon mempelai tetap fit dan bugar… Sebagai calon istri dan calon ibu tentunya membutuhkan asam folat dengan jumlah cukup untuk perkembangan otak dan intelejensi calon janin. Dalam keadaan normal, tubuh memerlukan 50 mikrogram asam folat. Jika dalam sehari asam folat yang diserap tubuh kurang dari 50 mikrogram, maka dalam 4 bulan, ia akan terkena defisiensi (kekurangan) asam folat. Kebutuhan asam folat akan meningkat selama kehamilan. Bisa mencapai 800 mikrogram hingga 1 miligram perharinya. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi dengan berat badan rendah (BBLR), Down’s Syndrome serta keguguran.

Menurut dr. Saptawati Bardosono, suplementasi zat besi dan asam folat yang diberikan selama kehamilan sebenarnya sudah terlambat. “Seharusnya sebelum hamil kadar asam folat dalam tubuh calon ibu sudah cukup, sehingga ketika terjadi pembuahan dan pembelahan sel pada satu bulan pertama janin tidak akan kekurangan. Mengonsumsi bahan makanan sumber asam folat dan zat besi seharusnya dimulai sejak seorang pasangan merencanakan pernikahan.

7. Anggaran Dapur yang Tepat Guna
Bagi yang terbiasa hidup mandiri mungkin ini tidak menjadi masalah. Namun bagi sebagian orang ada baiknya mulai melatih membuat perencanaan anggaran dapur yang tepat guna.. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat siklus menu, mengenal dan menyiapkan aneka bumbu, koleksi resep aneka makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan sehat itu tidak harus mahal. Asalkan mengetahui pilihan alternatif pangan sumber-sumber gizi agar berimbang dan beragam. Mau terus belajar dan berkreasi di dapur 🙂

7 Tips Gizi Pranikah untuk Wanita

Bagaimana denganmu, Apa persiapanmu menuju hari istimewa ?

@nurlienda

#ODOPfor99day #day67

Referensi :

Hasil Seminar Premarital Nutrition FKM UI

Advertisements

5 thoughts on “7 Tips Gizi Pranikah untuk Wanita

  1. Pingback: Yuk Siapkan Gizi Pra Nikah | Family Nutrition

  2. Pingback: 3 Tips Gizi Pranikah untuk Pria | Family Nutrition

  3. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s