Makna Hari Kesehatan SeDunia Bagi Kita

Bismillah…

Hari ini, 7 April 2016 adalah HARI KESEHATAN SEDUNIA. Kenapa perlu diperingati ? Peringatan hari kesehatan sedunia merupakan upaya agar masyarakat lebih sadar akan berbagai penyakit menular maupun tidak menular (PTM) yang berada di sekitar kita. Beragam kampanye yang berhubungan dengan kesehatan diselenggarakan… Contohnya untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran di seluruh dunia dan berusaha mengurangi penggunaan tembakau yang tengah giat di berbagai belahan dunia.

Nah, Hari kesehatan se-Dunia tahun ini berfokus pada DIABETES MELLITUS (DM), bertema “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”. Ada 8 JUTA lebih penderita DM TERSEMBUNYI (tidak terdiagnosis dokter/tenaga kesehatan) dan WANITA LEBIH BERISIKO dibanding Laki-laki. Diabetes Mellitus dikenal pula sebagai silent killer karena sering tidak disadari oleh penyandangnya dan saat diketahui sudah terjadi komplikasi.  Kejadian DM di Indonesia saat ini makin meningkat dan masuk dalam Ranking 5 Besar.

Makna Hari Kesehatan SeDunia Bagi Kita

Adakah Faktor Risiko Diabetes ?

Ada 2 Faktor risiko DM yakni tidak dapat dimodifikasi dan dapat dimodifikasi. Faktor yang tidak dapat dimodifikasi adalah ras dan etnik, umur, jenis kelamin, riwayat keluarga dengan diabetes melitus, riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4000 gram, dan riwayat lahir dengan berat badan lahir rendah (kurang dari 2500 gram).

Faktor risiko yang dapat dimodifikasi erat kaitannya dengan perilaku hidup yang kurang sehat, yaitu diet tidak sehat/tidak seimbang, berat badan lebih, obesitas sentral/perut buncit, kurangnya aktivitas fisik, hipertensi, dislipidemia, riwayat Toleransi Glukosa Terganggu (TGT) atau Gula Darah Puasa terganggu (GDP terganggu), dan merokok.

Mengapa wanita lebih beresiko DM ?

Karena kegemukan, obesitas dan obesitas sentral proporsi tertinggi pada wanita dibanding laki-laki. Hal ini menjadi aspek POTENSIAL pendorong terjadinya DM.

Apakah mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa menjadi pemicu penyakit DM ?

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi makanan dan minuman manis > 1 kali / hari menjadi  faktor risiko lain yang sangat menonjol. Jadi bijaklah dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis dan imbangi dengan aktivitas fisik yang memadai.

Lalu, Bagaimana Pengendalian DM ? 

Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) merupakan program pengendalian faktor risiko penyakit tidak menular berbasis masyarakat yang bertujuan meningkatkan kewaspadaan dini pada masyarakat terhadap faktor risiko baik terhadap dirinya, keluarga dan masyarakat lingkungan sekitarnya.

CERDIK dan PATUH di Posbindu PTM dan Balai Gaya Hidup Sehat

Makna Hari Kesehatan Dunia Bagi Kita, cerdik bewarna

Program PATUH, yaitu:
o P: Periksa Kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
o A: Atasi Penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
o T: Tetap diet sehat dengan gizi seimbang
o U: Upayakan beraktivitas fisik dengan aman
o H: Hindari rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Ya, semoga peringatan hari kesehatan se-Dunia ini dapat membuka mata kita akan kondisi yang tengah terjadi di masyarakat bahkan di sekitar kita…. Karena beban penyakit diabetes sangatlah besar apalagi jika terjadi komplikasi. Sehingga upaya pengendalian diabetes sangat penting dalam mengendalikan dampak komplikasi yang menyebabkan beban yang sangat berat baik bagi individu, keluarga juga pemerintah.

Apa makna hari kesehatan se-dunia bagi kita ?

Sayangi dirimu dan keluargamu… Kalau bukan kita, siapa lagi ? Jalankan perilaku hidup sehat dengan gizi seimbang…. Bagiku, maknanya adalah belajar konsisten untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu dengan frekuensi 3x seminggu; perbanyak minum air putih dan makin giat konsumsi buah & sayur and less sugar 🙂

Bagaimana denganmu ?

@nurlienda

#ODOPfor99days #day69

Advertisements

One thought on “Makna Hari Kesehatan SeDunia Bagi Kita

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s