Kegemukan dan 7 Cara Diet Sehat & Cepat Berhasil

Bismillah…

Gemuk merupakan salah satu bentuk tubuh yang kini banyak dimiliki oleh masyarakat kita. Mengapa orang bisa menjadi gemuk ? Barangkali itu yang ada dibenak sahabat… Faktanya, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Energi ini diperlukan untuk beraktivitas, mirip halnya dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada kendaraan bermotor.

Energi bagi manusia berasal dari sumber energi, seperti karbohidrat kompleks (beras, jagung, terigu, umbi-umbian, pati, hasil olahan pati) dan karbohidrat sederhana (gula pasir, gula merah, gula batu, gula-gula, sirop, makanan/minuman yang diolah menggunakan gula). Selain sumber karbohidrat, makanan pembentuk energi adalah makanan berlemak, berminyak, bersantan.

Bagaimana kegemukan bisa terjadi ?
Jika kita mengonsumsi makanan sumber energi yang melebihi kebutuhan (aktivitas rendah) maka kelebihan energi akan disimpan sebagai lemak. Lemak tersebut ditimbun di bawah kulit (jaringan adipose) atau sebagai lemak visceral (sekitar jeroan).

Di dalam tubuh, karbohidrat (kompleks dan sederhana) dijadikan GLUKOSA, dialirkan dalam darah sebagai glukosa darah (gula darah) dan digunakan sebagai bahan bakar seperti halnya BBM. Selain dari karbohidrat (gula), glukosa dapat juga dibuat dari lemak atau protein melalui proses GLUKONEOGENESIS.

Mengapa orang gemuk sulit menurunkan berat badan ?

Banyak orang gemuk yang mengatakan: “Makan saya cuma sedikit lho” tapi kok tetap gemuk. Penyebabnya adalah adanya proses daur ulang sumber energi. Ketika asupan sumber energi yang sangat rendah berpotensi mengganggu kesehatan loh…

Konsep bahwa jika INPUT (asupan sumber energi) lebih rendah dibandingkan dengan output (kebutuhan energi) pada aktivitas yang ringan (biasa-biasa saja) tidak akan membantu membongkar cadangan(lemak) sehingga DIET RENDAH ENERGI yang dimaksudkan untuk menurunkan berat badan sering gagal atau paling tidak pengaruhnya sangat kecil sehingga memerlukan waktu yang sangat panjang.

Kegemukan dan 7 Cara Diet Sehat & Cepat Berhasil

Sumber gambar disini

Lalu, Bagaimana cara diet lebih cepat berhasil dan tetap sehat?
1. Konsumsi makanan pokok (nasi, roti, mie, kentang, bihun dan lain-lain) menjadi ¼ – 1/2 dari biasanya
2. Batasi bahkan hindari konsumsi karbohidrat sederhana (kue basah/kering, teh + gula, kopi + gula, sirup, es krim, gula-gula, dan aneka snack bergula lainnya)
3. Ganti makanan cemilan (snack) dengan buah-buahan
4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah dari biasanya
5. Kurangi konsumsi dan penggunaan garam untuk mengurangi penyerapan glukosa oleh usus halus
6. Batasi seminimal mungkin asupan lemak, minyak, santan. Say goodbye to gorengan, keripik dan kerupuk
7. Disiplin olah raga untuk memutus siklus daur ulang melalui intensifikasi proses glikolisis dengan cara meningkatkan dan mengintensifkan aktivitas fisik, misalnya olah raga aerobic (jalan cepat, jogging, berenang, senam aerobic dan sebagainya). Aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu akan dapat membongkar cadangan energi yaitu massa lemak tubuh. Dengan catatan frekuensi dan durasi aktivitas fisiknya teratur ya…. Sehingga massa lemak berkurang dan akan menurunkan berat badan. Bukan menurunkan berat badan lewat massa non-lemak  separti cairan tubuh dan sebagainya yang sering dilakukan ketika mengonsumsi obat pelangsing 🙂

Yuk kendalikan berat badan, sebagai salah satu upaya investasi kesehatan jangka panjang…

Target kita adalah berat badan normal mendekati ideal. Lengkapnya disini

Bagaimana denganmu, apakah sudah menjalankan diet sehat ?

@nurlienda

#ODOPfor99days #day70

Referensi :

Djoko Sutopo, Ahli Gizi Senior

Advertisements

4 thoughts on “Kegemukan dan 7 Cara Diet Sehat & Cepat Berhasil

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s