3 Tips Gizi Pranikah untuk Pria

Bismillah…

Setiap pasangan yang telah menikah tentunya ingin memiliki keturunan. Putra-putri yang sehat, cerdas sholeh dan sholehah menjadi idaman semua keluarga… Menyiapkan segala keperluan baik dari segi fisik termasuk gizi, mental dan berdoa kepada Sang Pencipta adalah cara yang ampuh… Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai 7 Tips Gizi Pranikah untuk Wanita, maka kesempatan kali ini tentang persiapan gizi pranikah untuk pria.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa ada 3 penyebab infertilitas pada pria yakni gangguan spermatogenesis (pembentukan sperma), kegemukan dan asupan makanan/minuman (diet).

Lalu, apa tips gizi pranikah untuk pria?

A. Jalankan Gaya Hidup Sehat

Bagi Anda yang perokok, tolong secara bertahap berhentilah merokok ! Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, berhentilah… Batasi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein hingga < 800 mg/hari setara 2 gelas. Perbanyak konsumsi minuman air mineral yang bersih dan aman. Biasakan melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, jogging, atau olahraga lainnya minimal 5 jam per minggu secara rutin.

B. Jaga dan Pertahankan Berat Badan Ideal

Bagi yang sedang menyiapkan diri, ceklah status gizi Anda melalui berat badannya… Apakah Anda tergolong kurus, gemuk atau normal dan ideal ? Kegemukan cenderung menurunkan kesuburan (fertilitas) pada pria maupun wanita… Hal ini dikarenakan berat badan berpengaruh terhadap pergantian kadar hormon reproduksi loh…

3. Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan beragam

Asupan makanan yang berkualitas dan memadai akan membentuk komposisi sperma dengan struktur yang baik. Ada beberapa zat gizi yang baik untuk dikonsumsi mempelai pria karena khasiatnya yang bisa meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Selain itu, diet yang baik melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki keinginan seks dan ejakulasi.

Berikut 14 Vitamin dan Mineral Peningkat Kesuburan untuk Calon Manten Pria :
1. Kalsium, untuk meningkatkan vitalitas dan memperpanjang masa hidup sperma. Didapat dari susu (pilih yang rendah lemak), yogurt, keju, brokoli, bayam, ikan salmon, biji bunga matahari, kacang almond, dan wijen.
2. Kromium, jenis mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh. Kromium penting untuk mengatur gula darah dan hormon insulin. Sumber kromium terdapat dalam bawang merah mentah, tomat, madu, kerang dan hati.
3. Ko-Enzim Q10, berguna untuk menghasilkan energi dan meningkatkan jumlah pergerakan sperma. Sumber ko-enzim ini bisa didapat dari daging sapi, ikan makarel, sardin, ayam, kacang tanah dan minyak nabati.
4. Asam lemak esensial, penting untuk mengatur kadar hormon tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa ekor sperma mengandung omega-3, terutama DHA. Asam lemak esensial bisa didapat dari minyak biji matahari dan ikan laut dalam seperti salmon, makarel dan sarden.
5. Asam folat, termasuk dalam golongan vitamin B yang larut dalam air. Asam folat merupakan salah satu elemen dalam pembentukkan DNA. Efek kekurangan folat pada pria adalah berkurangnya kualitas dan jumlah sperma. Folat akan “bekerja” efektif bila dikombinasikan dengan zat besi. Kekurangan zat besi akan menurunkan volume sperma dan jumlah kadar hormon testoteron. Folat didapat dari bulir gandum atau beras, bayam, hati, telur dan serealia yang difortifikasi.
6. L-Arginin, merupakan asam amino yang ada dalam kepala sperma. Penting untuk pembentukan sperma, menambah jumlah dan kualitas sperma, juga memperbaiki keinginan untuk berhubungan seks dan ejakulasi. Sumber L-arginin adalah ayam, daging sapi.
7. L-karnitin, berperan menjaga fungsi normal sperma dan membuat gerak sperma lebih cepat. Kandungan L-karnitin tinggi pada daging domba, kambing, sapi, kelinci, ayam dan susu sapi.
8. Niasin, dikenal sebagai salah satu grup vitamin B. Niasin dibutuhkan untuk menghasilkan energi dan melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar membuat kegiatan ereksi penis berlangsung lama. Sumber makanannya antara lain hati, kacang tanah, ayam, ikan tuna, salmon dan selai kacang.
9. Selenium, merupakan jenis antioksidan untuk melindungi sperma dari kerusakan dan memaksimalkan pembentukan sperma. Calon ayah dengan jumlah sperma rendah ternyata memiliki kadar selenium rendah. Selenium didapatkan dari ikan tuna, ikan gindara, daging sapi, telur dan nasi.
10. Vitamin B12, bermanfaat mempertahankan kesuburan karena mampu memperbaiki jumlah dan pergerakan sperma. Bisa didapat dari daging sapi, produk susu, telur dan ragi.
11. Vitamin C, menurunkan risiko terjadinya kerusakan sperma, mencegah penggumpalan sperma sehingga lebih mudah bergerak. Dapatkan dari serealia, apel, anggur, jeruk, stroberi, asparagus, kol merah, merica, kentang dan kacang polong.
12. Vitamin D, membantu penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi dan membantu memperbaiki kesuburan. Sumber vitamin D adalah susu rendah lemak, ikan salmon, makarel, tuna, sarden, telur dan serealia.
13. Vitamin E, mampu memperbaiki fungsi kelenjar endokrin yang menghasilkan hormon pertumbuhan dan perkembangan sperma, juga memengaruhi aktivitas sperma. Vitamin E lebih efektif bila dikombinasikan dengan antioksidan seperti vitamin C. Sumber vitamin E terdapat dalam gandum yang masih tertutup kulit ari, kacang almond dan minyak biji matahari.
14. Zink, menjaga kesehatan organ reproduksi terutama kelenjar prostat. Zink diperlukan untuk menyusun lapisan luar ekor sperma. Sumber zink pda bahan makanan dalah biji labu kuning, kacang-kacangan, polong-polongan, kerang, daging sapi/ayam tanpa lemak yang dicincang.

Jika ketiga tips ini dilakukan, semoga kian bugar dan fit jelang pernikahan dan pasca momen pernikahannya ya… Semoga bermanfaat.

Bagaimana denganmu, persiapan apa yang dilakukan jelang pernikahan ?

#ODOPfor99days #day71

@nurlienda

Referensi :

dr. Saptawati Bardosono dalam Seminar Premarital Nutrition FKM UI dan Buku Panduan Cara Cepat Hamil oleh Dr. Rosdiana Romli SpOG

Advertisements

11 thoughts on “3 Tips Gizi Pranikah untuk Pria

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Ketiga (Habis) | Family Nutrition

  3. persiapan apa yang dilakukan jelang pernikahan ?

    Kalau versi cowok:
    – Persiapin lamarannya
    – Persiapin maharnya
    – Persiapin ucapan ijab-kabulnya. Kalau salah berabe.
    – Persiapin pestanya

    😀

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s