Cara Brainstorming Online untuk Hasilkan Banyak Ide

Bismillah

Menulis merupakan aktivitas yang menyenangkan… Tapi pernahkan Anda merasa kehabisan ide ? Bingung mau nulis apa lagi atau mungkin terlalu banyak ide berputar di kepala sehingga tak tentu arah ? Hehe… Saya sedang mengalaminya… Hampir sepuluh hari ini tidak menulis di blog. Alasannya klasik, manajemen waktunya kurang baik untuk menulis…. Ketika ada ide, tidak sempat posting dan idenya keburu menguap… Saat agak luang eh kehabisan ide… Padahal niatnya ingin menulis rutin setiap hari dengan bergabung ikutan One Day One Post 😄

Karena beberapa hari tak menulis, saya pun browsing di Grup Kumpulan Emak Blogger. Alhamdulillah saya menemukan tulisan Mak Carolina Ratri  tentang brainstorming… Berasa seneng banget nemu sesuatu yang kita butuhkan… Saya pun makin penasaran dan men-share linknya di Facebook agar bisa dibuka sewaktu-waktu…. Setelah baca artikelnya, saya tertarik dengan bahasan menggunakan headlines generator. Berawal dari situ, saya pun jadi penasaran dengan cara brainstorming online lainnya…  Inilah 2 Cara Brainstorming Online untuk Hasilkan Banyak Ide :

1#Hubspot

Sebuah tool kece yang bantu kita brainstorming topik ide menulis loh… Nama lengkapnya HubSpot’s Blog Topic Generator. Cara penggunaannya mudah. Kita diminta memasukkan 3 keywords di field yang tersedia… Saya mencoba dengan kata empower, volunteer dan nutrition.. Lalu dalam hitungan detik keluarlah 5 topik untuk ide menulis, lengkapnya di gambar berkut ya

Cara Brainstorming Online untuk Hasilkan Banyak Ide

Saya suka dengan alternatif ide nomor dua dan lima… Insya allah akan publish beberapa hari lagi, doakan ya 🙂

2#Buzzsumo

Tool yang memberikan data lengkap dengan contoh artikel yang ramai dikunjungi orang… Mana yang ramai dan sepi di re-share… Struktur sebuah postingan pun jadi terbaca… Sehingga kita bisa mendapatkan berbagai ide tulisan darinya… Cara menggunakan Buzzsumo ini sederhana. Ketiklah keyword yang terlintas di benak kita. Saya mencoba memasukkan 2 kata yaitu maternal nutrition dan muncullah hasilnya seperti ini :

Cara brainstorming online, buzzsumo

Ternyata mengaitkan isu kesehatan ibu hamil dan ekonomi menjadi realita yang hangat dibagikan kepada pengguna sosmed loh… Hm, ide bagus.. Jadi kepikiran untuk nulis bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi seorang ibu hamil dengan low-budget. Semoga bisa jadi tulisan utuh dalam waktu dekat ya :’)

Cobain deh pake 2 situs ini untuk dapatkan banyak ide tulisan secara online… Sebelum nyoba ini, saya pake mindmap manual… Dengan adanya cara brainstorming online ini memudahkan kita mendapat ide segar untuk menulis dalam waktu yang singkat… Alhamdulillah, teknologinya berhasil ya-membantu meringankan tugas manusia…

Ok, ini pengalaman saya dalam mencari ide tulisan. Semoga setelah ini akan lahir tulisan-tulisan yang segar, bermanfaat dan dapat rutin disajikan kepada pembaca semua… Lalu, bagaimana denganmu, apa yang kamu lakukan untuk mendapatkan banyak ide?

@nurlienda

#ODOPfor99day #day72

2 thoughts on “Cara Brainstorming Online untuk Hasilkan Banyak Ide

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Ketiga (Habis) | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

