3 Alasan Mematikan Gadget Sebelum Tidur

Bismillah
Gadget merupakan salah satu benda yang membersamai kita hampir sepanjang hari. Mulai dari pagi hari hingga menjelang tidur. Sebagian dari kita bahkan masih menggunakan gadget ketika berada di tempat tidur. Namun, apakah menggunakan gadget sebelum tidur atau bahkan tertidur ketika menggunakannya memiliki dampak terhadap kesehatan ? Mari kita simak selengkapnya pada kesempatan ini.

Kenapa gadget harus dimatikan sebelum tidur ?
#1. Kualitas tidur terganggu

Jika kita masih asyik bergadget di tempat tidur, maka waktu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pun berkurang. Mata dan otak yang terpapar gadget itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terpejam loh… Padahal “cukup tidur” bukan diartikan dengan berapa lama waktu yang dihabiskan di tempat tidur, melainkan kualitas tidur yang didapat.

3 alasan mematikan gadget sebelum tidur

#2. Badan “terasa” kurang fit ketika bangun tidur

Penggunaan gadget sebelum tidur membuat otak bekerja lebih keras. Dengan membuka gadget untuk memeriksa pesan setidaknya ia akan mengecek pesan yang belum terjawab. Berdasarkan penelitian, seseorang biasanya memiliki kebiasaan menulis pesan teks lebih dari 85 pesan dalam sehari, dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan smartphone loh… Waktu bergulir tak terasa ketika kita membuka pesan instan, apalagi dengan grup-grup chatting yang penuh dengan informasi. Tanpa disadari, waktu tidur jadi berkurang dan masih memikirkan sesuatu hingga terkadang terbawa ke alam mimpi. Jika ini dibiarkan, maka akan berdampak pada tubuh. Badan “terasa” kurang fit ketika bangun tidur

#3. Beresiko memiliki perasaan tidak tenang

Membaca status tak berkenan, tulisan atau tayangan yang tak layak kadang kita temukan saat bergadget. Jika hal ini dilakukan menjelang tidur maka akan beresiko memiliki perasaan tidak tenang. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi loh..

Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

Yuk matikan semua perangkat elektronik atau gadget setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru dari perangkat tersebut mengurangi produksi melatonin.

alasan mematikan gadget sebelum tidur, animasi

Yuk bijak dalam menggunakan teknologi seperti gadget yang kita miliki. Biasakanlah menjalankan gaya hidup sehat dan gizi seimbang setiap hari 🙂

Bagaimana denganmu, Sudahkan mematikan gadget sebelum tidur ?

@nurlienda

#ODOPfor99days

#day89

Advertisements

6 thoughts on “3 Alasan Mematikan Gadget Sebelum Tidur

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

  2. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Ketiga (Habis) | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s