10 Karakter Pengusaha Sukses

Bismillah…

Menjadi pengusaha sukses adalah keinginan banyak orang yang berada di sekitar kita. Waktu yang lebih fleksibel dengan penghasilan yang menggiurkan menjadi alasan untuk menggapai status pengusaha sukses. Lalu, bagaimanakah cara jadi pengusaha sukses ? Berikut 10 karakter yang melekat pada pengusaha sukses :

1. Memiliki motivasi tinggi

Ketika memiliki motivasi yang kuat, apapun tantangan dan rintangannya maka ia akan berdiri kokoh mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Memiliki intuisi bisnis

Intuisi itu bukan hanya berhubungan dengan bakat, akan tetapi dapat diasah dan dipertajam. Cara paling ampuh untuk mengasah intuisi bisnis adalah dengan cara belajar pada ahlinya dengan sistem mentoring, ikuti kelas-kelas bisnis, seminar atau trainingnya atau minimal dengan baca bukunya. Selain itu terjun langsung dalam dunia bisnis akan menumbuhkan intuisi bisnis secara perlahan tapi pasti loh…

3. Memiliki visi yang jelas

Visi merupakan bahan bakar melesat dalam dunia bisnis. Ketika memiliki visi jangka pendek dan jangka panjang, maka langkahnya akan lebih mudah, lebih terarah dan lebih bersemangat untuk berkecimpung di dalamnya. Memiliki visi yang jelas menjadi bekal untuk memiliki kemampuan melihat apa yang tidak dapat dilihat orang lain.

4. Inovator

Berkreasi dan mencoba hal yang baru adalah cara untuk menumbuhkan ide-ide inovasi. Prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dapat diterapkan untuk peroleh berbagai masukan dan ide segar untuk wujudkan produk dan jasa yang dibutuhkan pasar.

5. Tidak cepat puas

Sebuah rasa yang perlu ditanamkan sejak awal. Mempunyai rasa syukur atas apa yang telah diperoleh itu harus. Namun jangan cepat puas.. Karena merasa cepat puas akan berujung pada zona nyaman, hambat pengembangan diri dan bisnis itu sendiri…. Menahan rasa puas jangka pendek akan lahirkan kesuksesan jangka panjang, insya allah

6. Risk taker

10-karakter-pengusaha-sukses

Berani mengambil risiko, semakin besar risiko yang diambil maka peluang raih kesuksesan akan semakin lebar dan lapang…

7. Determined

Mantapkan hati dan diri serta miliki bulat tekad dan bertawakallah. Seperti yang allah swt perintahkan dalam firmanNya : “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.”

(QS Ali Imron ayat 159-160)

8. Persistant 

Sifat yang perlu kita pupuk dan asah yakni gigih, pantang menyerah dan tidak lemah.

9. Problem solver

Jadilah penyelesai masalah yakni jadilah solusi untuk para konsumen kita, maka bisnis yang dirintis akan tumbuh dengan kokoh dan berkelanjutan…

10. Pembelajar

Seorang yang ingin sukses, perlu menjadi pribadi pembelajar. Berusaha untuk terus mencari ilmu di sekitarnya.. Pantang merasa cukup, karena pada hakikatnya mencari ilmu itu tiada batas expirednya, kecuali di liang lahat….

Let’s becoming an entrepreneur,
Start with a little experience today…

@nurlienda

#ODOPfor99days

#day58

Advertisements

One thought on “10 Karakter Pengusaha Sukses

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Kedua | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s