Belajar Menulis ala ABG

Bismillah

Menjadi ‘ABG’ itu asyik loh…

Periode ABG yang merupakan masa-masa paling menantang, cari jati diri  dan serba ingin tau.. Nah, masa-masa ABG bisa dijadikan metafora untuk menulis loh dengan cara Aktif, Baca, Gaul.

Ya, jika ingin menulis… Kita pun harus “aktif”. Ya, seaktif-aktifnya, dalam berbagai kegiatan. Hadirilah berbagai pertemuan-pertemuan seperti seminar, workshop, diskusi, pertunjukan seni maupun acara-acara di sekitar kita, dan jangan sungkan-sungan menunjuk tangan jika ingin bertanya. Sudah tidak zamannya untuk takut-takut seperti masa sekolahan; duduk paling belakang sebab takut disuruh guru mengerjakan tugas di depan. Aktifnya diri akan melapangkan jejaring dan ikatan persaudaraan. Kita akan mudah beradaptasi, kapan pun dan dimana pun, selain itu kita akan terlatih dalam situasi dan kondisi apa pun yang kelak akan berguna ketika menjadi penulis.

“Baca” sudah pasti, dan ini paling klasik di dunia tulis-menulis. Para penulis selalu mewanti-wanti, kalau mau jadi penulis jadi pembacalah terlebih dahulu. Kalau nggak mau baca, kamu tetap bisa menulis, tapi tulisanmu garing, tidak bersumber dari pengetahuan yang dimiliki. Orang yang membaca saja tanpa menulis, sama seperti orang memasukkan makanan terus menerus ke tubuhnya, lama-lama perutnya kembung. Tidak ada pengeluaran dari tubuhnya. Kalau menulis saja tidak membaca, persis mengeluarkan sesuatu dari tubuh terus menerus tanpa isi ulang. Bacalah berbagai sumber tulisan; buku, koran, majalah, tulisan-tulisan di internet, iklan-iklan di jalanan, dan segala huruf yang kamu temukan yang bisa dibaca!

 

belajar menulis ala abg

Jadilah anak “gaul”. Kumpulkan banyak teman. Bukan hanya teman yang senasib, tapi jadikan teman-teman lain yang nasibnya lebih baik darimu. Kalau temanmu senasib, ya nasibmu bakal begitu-begitu saja, tidak ada perubahan. Tapi jika teman nasibnya lebih baik darimu, kamu akan dapat menjadikan dirinya sumber inspirasi dan motivasi bagimu untuk hidup lebih baik….

Menulis itu butuh proses. Kita yang bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa hari ini, jika terus belajar dan berusaha, kelak akan menjadi apa-apa dan menjadi siapa. Bahkan, jika kamu bersungguh-sungguh, karya dan prestasi kita akan melampaui karya dan prestasi teman-teman. Kita bisa membuktikannya kok. Berjuanglah!

Ingatlah bahwa sebaik-baik teman adalah yang mau menunjukkan jalan, memberi tahu kelemahan dan kekurangan karyamu, bukan sekadar memuji setinggi langit hingga membuatmu lupa bahwa kakimu menginjak bumi…

Menulis adalah pekerjaan jangka panjang dan kita tidak boleh menunda-nundanya

Semakin lama kita menunda, maka mimpi untuk menjadi penulis yang sudah didamba, boleh jadi tidak akan pernah ada.

@nurlienda

#‎ODOPfor99days‬

#day96

Advertisements

One thought on “Belajar Menulis ala ABG

  1. Pingback: #ODOPfor99days Putaran Ketiga (Habis) | Family Nutrition

Komentar Sahabat, Penambah Semangat Saya :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s